Instalasi Codeigniter 4

Saat tutorial ini dibuat codeigniter 4 sudah direlease secara resmi.Disini kita tidak akan membahas sejarah dari codeigniter.Kita langsung bahas apa saja yang dibutuhkan untuk menginstall CI4.

Codeigniter 4 membutuhkan web server yang sudah mendukung PHP versi 7.2 atau lebih baru,dan sudah terinstall extension intl,mbstring,php-json, php-mysqlnd serta php-xml.Untuk melihat requirement lebih lengkap bisa lihat disini https://codeigniter.com/user_guide/intro/requirements.html.

Pada contoh ini kita menggunakan XAMPP agar lebih mudah karena secara default sudah terinstall semua extension tersebut.XAMPP terbaru bisa didownload disini https://www.apachefriends.org/download.html

Ada dua cara untuk menginstall codeigniter 4 ,secara manual atau melalui composer.Pada tutorial ini kita akan menggunakan yang manual karena lebih mudah untuk pemula.Untuk cara manual caranya sama jika sudah pernah memasang CI3.

Download sourcenya dari https://github.com/codeigniter4/framework/archive/v4.0.2.zip

Lalu extract ke folder htdocs kita ,secara default folder untuk XAMPP htdocs lokasinya di C:/xampp/htdocs

Untuk menjalankannya kita menggunakan CMD (Command Prompt),dari CMD kita masuk ke folder tempat project di extract misalnya foldernya bernama “CI4” ,kita bisa menggunakan perintah cd untuk masuk ke folder tersebut ketik “cd C:/xampp/htdocs/ci4” kemudian jalankan perintah “php spark serve".Pastikan semua diketik tanpa tanda petik.

Jika proses benar maka buka browser lalu ketik http://localhost:8080 maka akan terlihat seperti gambar dibawah.

Selamat anda berhasil menginstall codeigniter 4.Sebenarnya bisa juga diakses langsung dengan buka browser ketik http://localhost/ci4/public cara ini tidak perlu menggunakan CMD

Tahap selanjutnya kita akan membuat Aplikasi sederhana dengan codeigniter 4